TENTANG RENOVASI RUMAH

Share on :
Berbicara tentang renovasi rumah, maka akan berhubungan dengan tujuan renovasi rumah, biaya renovasi rumah, jasa renovasi rumah, bahan renovasi rumah dan pada akhirnya bagaimana melakukan keseluruhan pekerjaan renovasi rumah sesuai keinginan dan kebutuhan dengan biaya renovasi rumah murah dan bagus.

renovasi rumah
Salah satu alasan seseorang melakukan renovasi rumah adalah memperbaiki kerusakan pada salah satu bagian rumah. Misalnya pada bagian dinding yang sudah tua, lapuk, dan keropos. Karena dikhawatirkan ambruk, maka tindakan renovasi rumah dengan dinding yang baru adalah sebuah tindakan yang tepat. Maka renovasi rumah bagian dinding dilakukan oleh tenaga terlatih untuk merenovasi sesuai kebutuhan. Biaya renovasi rumah untuk bagian dinding tergantung dari banyaknya bagian dan luasnya dinding yang direnovasi.

Alasan lainnya dalam melakukan renovasi adalah kebosanan. Manusia adalah mahluk kreatif yang tidak menyukai kemonotonan. Hal-hal yang monoton dan tidak berubah memungkinkan manusia menjadi bosan dengan hal tersebut. Termasuk di dalamnya adalah bosan dengan desain rumah yang sudah ada dan ditempati lama. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk renovasi rumah dengan desain rumah baru sesuai harapan dan keinginannya agar tidak bosan. Renovasi rumah juga bisa dalam bentuk bagian-bagian tertentu saja untuk mendapatkan kepuasan baru bagi pemiliknya.

Hal umum yang sering terjadi dalam renovasi rumah adalah mengubah bentuk ruangan. Tetapi belakangan setelah rangka atap baja ringan mulai menyebar dengan luas di kalangan masyarakat, banyak orang yang merenovasi rumah bagian atapnya untuk diganti dengan rangka atap baja ringan. Biasanya hal ini terjadi karena rangka atap kayu sebelumnya sudah rapuh dan keropos dimakan rayap. Khawatir roboh menimpa penghuninya, maka solusi mengganti rangka atap kayu oleh rangka atap baja ringan menjadi trend baru. Selain itu ada juga yang ingin mengubah bentuk atap, misalnya dari bentuk atap limas menjadi atap pelana. Begitu juga dengan struktur di dalamnya, ada yang mengganti dari bentuk struktur segitiga menjadi bentuk scissor truss . Scissor truss ini digunakan saat pemilik rumah ingin membuat bagian atasnya menjadi attic yang bisa digunakan untuk kamar tidur atau gudang. Biaya renovasi rumah khususnya atap ini beragam tergantung tingkat kesulitan dan  besarnya volume rangka atap yang direnovasi.

Secara umum, biaya renovasi rumah sangat tergantung dari besar atau kecilnya volume yang kita renovasi. Semakin besar berarti semakin besar pula biaya renovasi rumah yang harus kita keluarkan. Hal yang sama berlaku sebaliknya. Tetapi yang harus diperhitungkan pada saat renovasi rumah terutama berhubungan dengan biaya renovasi rumah adalah pekerjaan pembongkaran. Hal ini harus diperhatikan karena menyangkut masalah waktu yang akan dikerjakan oleh pekerja saat melakukan renovasi rumah. Biaya renovasi rumah harus termasuk dalam biaya pembongkaran. Untuk mensiasati harga yang besar, bisa kita lakukan dengan cara menggunakan material bongkaran untuk bahan renovasi rumah. Tentu saja dengan memastikan masih layak digunakan. Jika tidak, jangan dipaksakan karena berakibat pada kualitas konstruksinya yang akan jelek. Misalnya material yang disambung-sambung akan berakibat pada estetika yang tidak baik.

Banyak orang melakukan renovasi pada rumah minimalis, misalnya renovasi rumah type 36 dengan mengubah beberapa bagian dan menambahkan bagian-bagian tertentu. Misalnya menambahkan ruangan di atas untuk kamar atau ruangan baru. Modifikasi dari renovasi rumah type 36 bisa menjadi sangat baik. Cobalah cari beberapa gambar desain rumah minimalis untuk mendapatkan referensi dalam renovasi rumah type 36. Misalnya mengubah menjadi rumah minimalis type 55 dengan menambahkan pada beberapa bagiannya. Penambahan ini harus memperhitungkan masalah struktur dan konstruksi di bawahnya. Kemungkinan melakukan renovasi rumah besar-besar harus diperhitungkan sejak awal. Misalnya penambahan kekuatan pada pondasi, penambahan struktur beton bertulangnya untuk menunjang bagian atasnya, dan perubahan desain fasade bangunan secara keseluruhan.

Untuk merenovasi rumah, kini sudah banyak jasa renovasi rumah yang bisa kita hubungi untuk merenovasi rumah kita. Kontraktor yang membangun rumah kita, biasanya membuka jasa renovasi rumah juga. Ada baiknya sebelum menghubungi jasa renovasi rumah yang lain, hubungi dulu kontraktor yang sudah membangun rumah dari awal. Hal ini menjadi baik karena kontaktor yang membangun rumah kita dari awal sudah mengetahui seluk beluk konstruksi yang ada dalam rumah kita. Masalah harga bisa dibicarakan sesuai kebutuhan. Renovasi rumah murah misalnya bisa disiasati dengan banyak hal, misalnya mengurangi volume bagian yang akan direnovasi dan menggunakan material atau bahan dari sisa konstruksi yang masih layak. Harap dicatat, masih layak untuk digunakan. Jangan sampai memaksakan menggunakan material sisa renovasi jika kualitasnya sudah tidak baik. Kalau mendapat sisa yang masih layak, maka kita bisa mendapat renovasi rumah murah sesuai keinginan kita.

1 komentar:

Afib rifan mengatakan... 19 Maret 2020 pukul 01.50

Sedang mencari jasa renovasi rumah di Surabaya, Kunjungi Website Kami Di jasa renovasi rumah surabaya
atau

jasa renovasi rumah surabaya

Hubungi kami di WA: 08113540707

Post a Comment and Don't Spam!