RUMAH UNIK SEBAGAI PROTOTIPE RUMAH UNIK MINIMALIS DI INDONESIA

Share on :
Desain rumah unik di dunia dan rumah unik di Indonesia khususnya, sebetulnya bisa menjadiprototipe dalam membangun sebuah rumah unik minimalis. Benarkah?

Rumah unik terbilang belum memiliki tempat di Indonesia. Sekalipun ada hanya terbatas pada beberapa orang seniman. Misalnya sebut saja tokoh seniman Affandi di Yogyakarta yang memiliki rumah unik di dekat bantaran sungai Kali Code. Rumah unik Affandi ini kemudian sekarang menjadi museum Affandi yang berisi lukisan-lukisan hasil karya Affandi serta barang-barang peninggalan Affandi seperti mobil, tempat tidurnya, dan lain-lain. Semuanya bernilai dan tersimpan dengan rapi di museum Affandi. Keunikan lainnya dari rumah unik yang dimiliki oleh Affandi adalah komposisinya yang tidak rata-rata. Misalnya bentuknya yang tidak dibuat kaku, lebih dinamis dengan banyaknya pepohonan yang ada di sekitarnya.

rumah unik rumah botol ridwan kamil
Rumah unik selanjutnya yang bisa kita lihat di Kota Bandung adalah rumah botol Ridwan Kamil. Sebagai arsitek kelas dunia, Ridwan Kamil telah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi, diantaranya Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Rumah botol Ridwan Kamil yang memiliki seni tinggi ini memadukan konsep minimalis dengan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh rumah minimalis lainnya. Misalnya penggunaan botol-botol bekas minuman energi untuk sekat antar ruangnya. Botol-botol ini terinspirasi dari sisa botol bekas yang sudah diminum isinya oleh para pekerja bangunan. Ridwan Kamil mengatakan bahwa daripada menjadi sampah maka botol itu kemudian dipikirkan agar berdaya guna. Alhasil sebuah botol bekas minuman pun menjadi aksesoris untuk rumah unik Ridwan Kamil. Kini rumah unik Ridwan Kamil pun menjadi trend untuk mencari inovasi-inovasi pemanfaat sampah yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Rumah Ridwan Kamil ini bisa menjadi semacam gambar rumah unik yang ada di Indonesia. Pada saat membuatnya, mungkin saja Ridwan Kamil membuat gambar rumah unik dengan berbagai macam ragam dan bentuk. Setelah didapatkan gambar rumah unik yang sesuai dengan keinginannya, barulah ia dan tim kerjanya merealisasikan gambar rumah unik tersebut menjadi kenyataan.

Lebih luas lagi rumah unik yang ada di berbagai belahan bumi, kita bisa melihat beberapa desain rumah unik tersebut. Misalnya sebut saja di Inggris pernah ada rumah dari barang bekas. Walaupun barang bekas, tetapi rumah unik ini memiliki nilai seni yang tinggi. Misalnya desain rumah unik yang berbeda dan inovatif. Rumah unik ini terdiri dari lapisan-lapisan baja ringan, lempengan baja, serta kaca, dan buku-buku bekas nomor telepon. Setelah dirancang menjadi desain rumah unik, selanjutnya ditata sedemikian rupa melalui perencanaan dan penataan yang baik. Misalnya, untuk struktur yang membutuhkan konstruksi kuat, maka dibutuhkan lempengan baja yang masih kokoh. Selanjutnya untuk konstruksi atapnya, dibuat dari lempengan baja ringan serta batang-batang sisa konstruksi. Jangan lupakan buku tumpukan sisa daftar telepon. Setelah diset dan di desain sedemikian rupa, ternyata buku-buku ini sangat kuat untuk menjadi bagian dinding. Ternyata, tumpukan buku bekas ini sangat artistik. Setelah ditata sedemikian rupa, barulah sebuah rumah unik mewujud menjadi kenyataan.

Rumah unik di dunia lainnya yang bisa kita lihat adalah di Timur Tengah. Rumah unik yang tidak rata-rata ini terdiri dari kayu dan tanah. Bentuknya hampir menyerupai gua tetapi sangat unik. Ternyata setelah mengalami berbagai macam variasi bahan, tanah di sana lebih banyak dan berlimpah. Selain itu tanah ini mampu membuat suhu di dalam rumah unik menjadi lebih dingin dari sengatan matahari. Nah masih banyak lagi rumah unik di dunia yang bisa kita jadikan referensi gambar rumah unik jika kita tertarik membuat rumah unik di daerah kita. Tidak ada salahnya melihat berbagai rumah unik di dunia sebagai inspirasi, seperti yang dilakukan di Eropa dengan menggunakan material bahan bekas. Tentu saja anda harus terlebih dahulu membuat desain rumah unik yang sesuai dengan keinginan anda.

rumah unik minimalis
Dalam bentuk rumah minimalis, kita bisa membangun rumah unik minimalis dengan memadukan unsur seni dan konstruksi. Misalnya dengan memadukan berbagai jenis bahan bekas untuk salah satu bagian ornamennya. Ornamen barang bekas yang ditata sedemikian rupa akan membuat rumah unik minimalis anda menjadi menarik dan bernilai seni. Utamakan nilai seni, maka keinginan membuat rumah unik minimalis akan mewujud dengan baik seperti halnya yang sudah dibuat oleh Ridwan Kamil di Kota Bandung dan Affandi di Kota Yogyakarta. Dua contoh dan model rumah unik ini bisa dibuat sebagai kajian untuk melihat kreativitas warga Indonesia.

Secara umum, rumah unik di Indonesia sangatlah banyak. Kita sebut saja rumah-rumah tradisional atau rumah adat yang ada di Indonesia. Rumah adat dan Rumah-rumah tradisional di Indonesia merupakan bagian utuh dari model rumah unik yang bisa dijadikan pelajaran oleh siapapun. Nah, begitu juga dengan keinginan anda untuk membuat rumah unik ini bisa mewarnai dan menjadi bagian dari rumah unik di Indonesia. Tentu saja selalu berhubungan seni, jangan sampai cita-cita membuat rumah unik di Indonesia yang terjadi malah berantakan karena tidak memiliki konsep yang jelas saat merencanakan membuat rumah unik. Selamat berinovasi dan teruslah membangun kreativitas, karena kemajuan dan perkembangan Indonesia ada di tangan kita. Mengembangkan rumah unik di Indonesia bisa menjadi salah satu alternatifnya!

2 komentar on RUMAH UNIK SEBAGAI PROTOTIPE RUMAH UNIK MINIMALIS DI INDONESIA :

silviatan777 mengatakan... 6 Oktober 2018 pukul 22.14

Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung

bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit

Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta

bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

Menyaediakan 8 game dalam satu id
* POKER
* BANDAR Q
* BANDAR POKER
* DOMINO
* CAPSA SUSUN
* ADU Q
* BANDAR 66
* SAKONG

keunggulan bermain di PESONAQQ :

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* Bonus Referal 100% - 200%
* Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
*Livechat
* WA : +85511817618
* BBM :

Unknown mengatakan... 19 Oktober 2018 pukul 20.49

Thanks infonya, bagus sekali. Jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2x65FvF

Post a Comment and Don't Spam!